ABSTRAK
Dewi, Wiwin Patma, 2013, Peningkatan Kemampuan Menyimak Pesan Melalui
Permainan Sondah/Engklek Pada Siswa Kelas IV SDN I Kedungsarimulyo, Tahun
Pelajaran 2013/2014, hal...65.
Kata Kunci: Menyimak, Pesan, Permainan, Sondah/Engklek
Ketrampilan
menyimak mempunyai hubungan dengan kemampuan berbahasa secara umum. Anak yang
ketrampilan menyimaknya baik maka akan lebih mudah memahami wacana baik lisan
maupun tulisan. Hal ini akan berdampak pula pada hasil belajar siswa terutama
pada aspek kebahasaan berbicara dan menulis. Pada kenyataan di
kelas IV SD Negeri I Kedungsarimulyo rata-rata hasil evaluasi pembelajaran
bahasa Indonesia aspek berbicara dan menulis masih di bawah kriteria ketuntasan
minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 63.
Berdasarkan analisis situasi yang terjadi di
SDN I Kedungsarimulyo maka peneliti merumuskan masalah penelitian tindakan
kelas yaitu: a)."Apakah Permainan
Sondah dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan daya simak siswa
kelas 4 SDN I Kedungsarimulyo Welahan Jepara?" b)."Apakah Permainan Sondah
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek ketrampilan berbicara dan
menulis?"
Upaya perbaikan
pembelajaran melalui Penelitian tindakan kelas peneliti pilih dengan
menggunakan metode permainan Sondah/Engklek. Dengan permaianan ini siswa tidak
terbebani untuk menyimak suatu pesan dari wacana. Pelaksanaan PTK terdiri dari
3 siklus yang masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan untuk penelitian
adalah data kualitatif dan kwantitatif.
Data kwalitatif diperoleh dari hasil pengamatan, sedangkan data
kwantitatif diperoleh dari hasil tes siswa.
Hasil penelitian diperoleh
bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak pada siswa dengan pembelajaran yang
menggunakan metode permainan Sondah/Engklek.Hal ini dapat dilihat dari hasil
evaluasi tes ketrampilan berbicara dan
menulis pada siklus 1 yaitu 61% siswa telah tuntas belajar. Sedangkan pada
siklus 2, 81% dan siklus 3, 92% siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan
Mengajar. Dengan kata lain bahwa metode permainan Sondah/Engklek layak dan
dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan daya
simak siswa.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi apresiasi coretan saya dengan meninggalkan komentar......